Lahan Gambut di Kecamatan Kumpeh Terbakar, Polisi: Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah hukum Kabupaten Muarojambi. Kali ini, kebakaran terjadi di lahan gambut yang berada di Kecamatan Kumpeh.

Lahan Gambut di Kecamatan Kumpeh Terbakar, Polisi: Penyebab Kebakaran Belum Diketahui
Tampak Petugas Berusaha Memadamkan Api (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah hukum Kabupaten Muarojambi. Kali ini, kebakaran terjadi di lahan gambut yang berada di Kecamatan Kumpeh. 

Belum diketahui secara pasti luasan lahan yang terbakar, namun beruntung kebakaran bisa segera dipadamkan. 

Berdasarkan informasi yang didapat, kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (22/2/21) sekitar pukul 17.30 WIB. Kebakaran pertama kali diketahui dari diketahui dari Pemantauan CCTV Digital Asap. Dari pemantauan CCTV tersebut diketahui terjadi Karhutla di Kumpeh. 

Berdasarkan CCTV tersebut, kebakaran diketahui terjadi pada titik Koordinat LAT. 1583515, Long 103914046. Lokasi tersebut diketahui merupakan Kawasan Ijin Perkebunan Sawit PT. Sawit Mas Plantation (SMP) Desa Puding Kecamatan Kumpeh yang diklaim oleh warga Desa Pulaumentaro Kecamatan Kumpeh.

Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto membenarkan kejadian tersebut. Kata Amradi, kondisi seputaran lahan sebelum kebakaran merupakan lahan gambut dengan kedalaman sekitar 2 meter dan ditumbuhi tanaman semak belukar jenis Pakis dan pepohonan kecil.

"Pemadaman awal dilakukan secara manual dengan memutus rembetan api dengan kayu oleh Personel Polri yang dipimpin langsung oleh pak Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto, bersama dengan Kades dan Aparatur Desa Pulau Mentaro," kata Amradi.

Kemudian dengan alat kebakaran yang disiagakan di lokasi, Kapolres dan Kades serta aparatur desa berhasil memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, lokasi kebakaran dipasang garis polisi.

"Setelah berhasil dipadamkan, selanjutnya di lokasi dipasang garis polisi. Di sana juga dipasang papan pemberitahuan bahwa lokasi tersebut sedang dalam penyelidikan kepolisian," kata Amradi.

Atas kejadian ini, Amradi menyebut Pihaknya akan terus mendalami dan mendata penyebab kebakaran tersebut. Termasuk mengali data dan informasi dari saksi yang mengetahui kebakaran tersebut.

"Akan terus kita dalami, kita cari informasinya untuk mengetahui dan untuk mengungkap penyebab kebakaran  ini," tutup Amradi.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi